Rabu, 04 April 2018

Current Ratio

Analisa Rasio Lancar itu Penting Bagi Perusahaan

Rasio Lancar atau Current Ratio merupakan bagian dari analisis rasio likuiditas. Perhitungan yang menggunakan rumus khusus ini dipakai agar dapat mengetahui dan mengukur sebuah perusahaan mampu membayar hutang atau tidak.

Current ratio Rasio lancar ini acap kali dihubung-hubungkan dengan tingkat margin of safety perusahaan dalam membayar hutangnya yang akan jatuh tempo dalam waktu kurang dari satu tahun.

Karena hutang yang akan jatuh tempo kurang dari satu tahun ini membutuhkan perhatian lebih, maka perusahaan tak dapat mengabaikannya begitu saja.

Akan jadi masalah apabila perusahaan tak bisa membayar hutangnya. Akibat yang paling parah adalah dipailitkan di pengadilan tata niaga.

Masing ingat kasus Batavia Air yang pailit? Batavia ditengarai gagal mbayar hutangnya, sehingga para investor gerah.

Atau kasus gagal bayar atau default yang menimpa Merpati Air. Hutangnya yang disebutkan Rp 6 Trilyun lebih, tak mampu dibayar. Operasional pun kesulitan karena telah kalah bersaing dengan maskapai lain.

Bila menengok bisnis penerbangan, setidaknya ada beberapa contoh kasus gagal bayar.

Setidaknya ada sekitar 6 maskapai di Indonesia yang kolaps karena kelebihan hutang. Mereka adalah Sempati Air, Bouraq, Jatayu Airlines, Adam Air, Indonesia Airlines dan Batavia Air.

BACA JUGA : Laporan Keuangan Perusahaan Publik, Seremoni Saja?

Rasio Lancar Penting bagi Investor

Investor yang handal dan konservatif, memiliki kecenderungan kritis atas perusahaan yang kebanyakan hutang. Apabila aset lancar tak lebih besar dari hutang lancar, maka investor model ini tak mau gegabah membeli sahamnya.

Membeli saham itu bukan spekulasi, beli lalu lual dalam waktu yang sangat singkat. Bisa jadi para investor yang sangat handal tak pernah menjual saham perusahan yang telah dibelinya.

Istilahnya MEMBELI SELAMANYA.

Oleh sebab itu, mengetahui current assets vs current liabilities untuk menghitung current ratio, menjadi penting bangi anda! Keep touch.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Rumus PER dan Kajiannya

Nilai Pengembalian (PER) Pengertian Rumus PER dan Kajiannya - Sedangkan manfaatnya adalah keuntungan atau manfaat pemegang saham , harga d...